Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PALASIGMA : Catatan perjalanan menelusuri keagungan alam


Sejak SD aku emang udah sangat menyenangi kegiatan yang berbau petualangan alam. Salah satu kegiatan buat nyalurin hobi ku itu adalah dengan mengikuti kegiatan pramuka yang punya kepanjangan Praja Muda Karana. Pramuka saat itu sangat menyenangkan karena memang berisi senang-senang belaka, bermain dan menyanyi, tapi kegiatan yang paling aku senangi adalah persami, hiking dan jalan-jalan alam.

Lanjut ke SMP dan ternyata aku masih sangat menyukai kegiatan petualangan alam. Di SMP aku pun mengikuti pramuka lagi buat nyalurin hobiku itu. Walaupun sebenernya aku belum merasa puas dengan kegiatan itu karena bukan "pure" kagiatan alam Tapi paling nggak itu sudah sdikit mengobati rasa kagumku terhadap alam.

Saat SMA aku sebenernya ingin ikut pecinta alam SMA yang bernama WANALANA. Berhubung temen-temen maen ku rata-rata ikut pecinta alam di SMA nya masing-masing maka aku pun terpengaruh ingin ikut juga. Tapi ada kendala besar yaitu Orang Tua ku. Ibuku nggak ngijinin aku ikut pecinta alam. Aku inget banget dulu saat dibuka pendaftaran diksar WANALANA aku daftar dan aku juga udah bayar bahkan aku udah sempet pinjem beberapa alat yang dibutuhin buat diksar ke temenku. Tapi akhirnya aku nggak ikut, emang nyesel nggak karuan waktu itu, tapi mau gimana lagi namanya juga nggak dapet restu dari ortu, ntar kalo ada apa-apa disana malah jadinya berabe. Aku selalu nurutin apa kata ortu ku kalo masalah yang berhubungan dengan keselamatan nyawaku.

Karena nggak boleh ikut pecinta alam maka aku pun ikut pramuka lagi. Secara bapak ku itu aktivis pramuka di kabupaten. Beliau punya jabatan tinggi di organisasi pramuka kabupaten. Mungkin itu yang nyebabin aku dibolehin ikut pramuka sama ortu ku. Padahal ya pramuka juga sebenernya banyak kegiatan yang berbau alam juga misalnya kayak hiking, survival+hiking selama 3 hari, Persami. Intinya kegiatan pramuka saat itu kebanyakan outdoor. Apa mau dikata walaupun "cuma" ikut pramuka tapi seenggaknya itu udah lumayan nyalurin hobiku. Nilai positif dengan aku itu pramuka SMA aku bisa baca kompas, menentukan/menembak titik/koordinat, membanca sandi (rumpu, kotak, morse, smapore, dsb) membaca jejak, tali temali, bikin tandu, bikin bivak dan punya banyak temen. Not bad lah..

Nhah waktu kuliah, karena udah jauh dari ortu maka aku ikut kegiatan apapun nggak bakal bisa dikontrol ma ortuku. Saat itu taun 2008 pecinta alam kampus ku yaitu PALASIGMA membuka pendaftaran pendakian massal gunung merapi sekalian perekrutan anggota baru anak 2007. Nggak pake pikir panjang aku pun ikut karena diajakin sony temen sekelompok smua praktikum dan tugas besar saat itu. Sony nota bene udah expert dalam hal petualangan alam semacam naik gunung. Akhirnya aku ikut kegiatan yang bener-bener petualangan alam karena bukan pecinta alam kalo belum mendaki gunung. itu merupakan debut ku dalam real nature adventure. Memang berat dan kaget saat itu tapi bener-bener sensasi yang nggak bakal didapet bagi orang yang belum pernah mendaki gunung!!

Dari merapi kemudian aku ikut kegiatan alam lain sperti susur gua, panjat tebing, rappling, SRT, rafting, naik merabu, sindoro, dan yang teraakhir aku ikuti adalah naik Semeru. Semeru adalah impianku yang pertama dalam pendakian gunung. Bener-bener sangat indah pendakian di semeru. nggak akan terlupakan pengalamannya dan suatu saat aku pasti akan kesana lagi.

Next project ku saat aku menulis ini adalah trip to lombok skalian naik rinjani dan aku akan melihat segoro anakan yang aku impikan itu. Sisi positif dari aku ikut PALASIGMA adalah aku semakin mencintai alam dan semakin mendekatkan diriku dengan Allah SWT karena Allah telah mencipatakan smua ini dengan sangat sempurna, bukan cuma untuk dilihat apalagi ditaklukan tapi untuk disyukuri, dijaga dan dilestarikan. sisi positif yang lain mungkin aku bisa merasakan teman yang bener-bener teman di alam, teman yang akan slalu membantuku disaat aku kesusahan terutama saat aku hampir menyerah menjejakkan kaki ke tanah yang lebih tinggi.

Mungkin orang awam akan bertanya-tanya "ngapain lo susah susah, capek capek naik gunung pake bawa tas segede gitu toh akhirnya ntar lo turun lagi ?! mendingan tiduran aja di kosan sambil maen game, makan tinggal beli, dingin tinggal pake slimut atau ngapelin ceweknya trus jalan ke mall! Bagi pecinta alam seperti aku maka aku akan menjawab kalo lo pengen tau alasan gw naik gunung gw nggak bisa ngejelasinnya karena sensasinya nggak bakal bisa di gambarin pake kata-kata, ini bukan lebay tapi kenyataan!! Lo akan tau alesannya dengan lo merasakannya. Jawabannya ada di puncak gunung sana. Pergilah kesana dan rasakan apa yang jadi alasan kami para pecinta alam. "Because it's there"

Alam adalah jari yang menunjuk ke Tuhan, maka jangan berusaha menaklukan alam tetapi belajarlah dari nya dan buat alam tersenyum kepada kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar